Menghilangkan batu Ginjal Dengan Jeruk Nipis


Tahun 2003 adalah tahun yang penuh dengan mimpi buruk dalam hidup saya. Pada tahun itu dokter memvonis saya dengan dua penyakit yang saya tidak siap menerimanya. Pertama melalui hasil rontgen dokter internis mengatakan pada ginjal sebelah kanan saya didapati batu ginjal sebesar 3,5 cm serta sejumlah batu ginjal lainnya. Istilah yang dipakai oleh dr urologi untuk mengungkapkan hal itu "multiple stone". Untuk menghilangkan batu pada ginjal dokter mengatakan harus melalui operasi terbuka karena jalan lain dengan ISWL sudah tidak mungkin dilakukan karena besarnya batu. Tindakan/operasi dilakukan oleh dokter bedah urologi di RSPP Jakarta Selatan. Setelah operasi besar tersebut masih dilakukan sejumlah tindakan lainnya untuk menghilangkan batu-batu kecil lainnya yang tidak bisa diambil bersamaan ketika mengambil batu yang besar. Diperlukan waktu 2 tahun untuk menghabiskan batu didalam ginjal dan selama dua tahun tersebut saya telah menjadi pelanggan bagi klinik urologi dirumah sakit tersebut. Peristiwa itu telah menyita waktu dan produktifitas saya; saya mengucapkan Syukur Alhamdulillah kepada Allah yang telah mengangkat penyakit batu ginjal yang saya derita, saya berterimakasih kepada dokter urologi di rspp yang dengan sabar melayani dan menjawab berbagai pertanyaan dari rasa khawatir yang saya alami mulai saat konsultasi, tindakan dan perawatan, kepada perawat yang dengan telaten dan sabar merawat saya semasa sakit. Ucapan terimakasih saya sampaikan kepada Istri dan 2 anak lelaki saya yang tetap menjadi semangat dalam menjalani kehidupan ini dan kepada kedua orang tua saya dan saudara-saudara saya dan juga kepada teman-teman di kantor dimana saya bekerja. Dari pengalaman tersebut saya ingin berbagi dengan sesama penderita batu ginjal. Batu Ginjal sebenarnya dapat di cegah dengan pola makan yang sehat dan pola hidup yang sehat. Hindarilah memakan makanan yang berasal dari jeroan binatang seperti usus, paru-paru, limpa, perut dan juga ikan teri. Kacang-kacangan dan susu; khususnya pada malam hari dimana setelah memakan makanan tersebut tidak ada lagi aktifitas atau pada keadaan dimana setelah memakan makanan tersebut selang satu atau dua jam kemudian kita pergi tidur. Tidak adanya aktifitas gerak akan sangat mudah terjadi sedimen didalam ginjal dan sedimen itulah yang kemudian berproses menjadi kristal dan kemudian berubah menjadi batu dalam waktu 2 sampai dengan 3 tahun. Bila kristal/batu kecil tersebut tidak keluar maka lama-kelamaan akan terjadi pelapisan pada kulit luar batu dan setiap waktu terus bertambah sesuai dengan perilaku makan dan pola hidup yang tidak baik tersebut. Kini saya menggunakan jeruk nipis sebagai minuman tetap, (bukan jeruk sunkis yang bentuknya lonjong dan berwarna kuning) untuk mencegah berulangnya penyakit batu ginjal tersebut. Jeruk nipis mengandung unsur-unsur senyawa kimia yang bermanfaat. Misalnya: limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren dan sitral. Di samping itu jeruk nipis mengandung asani sitrat. Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis sebagai pencegah terbentuknya sedimen batu ginjal, hendaklah menggunakan dua buah jeruk nipis untuk segelas air. pengalaman saya waktu yang tepat meminumnya adalah sesaat sebelum tidur malam. dimana setelah meminum air jeruk nipis itu tidak ada lagi makanan yang kita makan. Telah lima tahun saya melakukan hal ini Alhamdulillah hingga tulisan ini dibuat tidak ada kholic batu ginjal yang saya alami dan juga tidak ada keluhan pada ginjal kanan saya. Pada halaman rumah yang tidak terlalu luas saya menanam pohon jeruk nipis yang saya syukuri selalu berbuah dan tidak henti kami mengambil dan juga keluarga dan saudara lain meminta untuk dijadikan minuman dan atau sebagai pelengkap bumbu masakan. Terlepas apakah hal ini memiliki effek yang sama bagi penderita penyakit batu ginjal secara pribadi saya telah mendapatkan manfaat dari jeruk nipis ini. Perlu penelitian dari kalangan medis untuk membuktikan kebenaran manfaat jeruk nipis sebagai pencegah batu ginjal. Selamat mencoba semoga tulisan ini bermanfaat. 
Jkt.Agust.09.fn.felicity journalism.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HOME INDUSTRI KULIT LUMPIA