Bika Si Mariana
Bagi orang minang diperantauan pulang kekampung halaman merupakan moment yang sangat berharga dan saat untuk melepaskan selera. Maklum banyak sekali makanan khas sumatera barat yg tidak ada duplikasinya diperantauan. Salah satunya adalah kue Bika. Makanan ringan yang banyak dijual diberbagai tempat di Sumatera Barat. Tapi hampair semua orang minang perantauan tahu bahwa kue Bika yang  terkenal adalah Bika Si Mariana. Bila kita berjalan dari Bukittinggi menuju ke kota Padang, disebelah kanan jalan tidak lama setelah meninggalkan batas kota kita akan menemukan tempat kue bika ini dibuat dan dijual. Tidak seperti yang kita lihat sekarang, menurut cerita orang tua saya, Mariana pembuat kue bika ini memulai usahanya dengan menjual kue bika dengan menjajakannya dijalan-jalan kota Bukittinggi hingga jauh malam. Ada kesan yang dalam bagi orang yang mendengarkan suara Mariana yang bening dan mengalun di gelap malam dan dinginnya udara Kota Bukittinggi ketika menjajakan kue bika nya.
 Bukan sehari atau dua hari, dan bukan juga sebulan dua bulan, suara Mariana telah menjadi bagian dari hidup warga Kota Bukittinggi. Kehadirannya juga menjadi pertanda waktu bagi sebahagian warga kota, selain sebagai harapan, karena kue bika yang dijajakan Mariana telah membantu sebahagian warga kota Bukittinggi dalam mengatasi rasa lapar dimalam hari.
Lain dulu lain kini, Mariana boleh berlega hati melihat perkembangan usahanya setelah Ia tinggalkan. Ditangan anak-anaknya yang  sembilan orang kue Bika yang Ia dagangkan kini tidak lagi dijajakan dengan menyusuri jalan-jalan di kota Bukittinggi yang gelap dan dingin.  Untuk meninkmati kue Bika si Mariana orang harus datang ke kedai tempat dimana kue bika nya dibuat, dan dikedai nya itu tersedia sejumlah tempat duduk serta berbagai jenis minuman panas dan dingin sebagai teman saat makan.
Kini Bika Si Mariana telah menjadi Icon makanan khas Kota Bukittinggi. Belum sampai di Bukittinggi bila belum mencicipi Bika Si Mariana begitulah pesan yang selalu disampaikan kepada para pelancong yang akan ke kota Bukittinggi. Meski telah berulangkali berkunjung ke kota Bukittinggi  dan telah membeli kue bika diberbagai tempat termasuk dipasar kota Padang, Bika si Mariana memang berbeda dari ukuran maupun cita rasanya. Bila anda satu hari akan berkunjung ke Bukittinggi jangan lupa mampir dan nikmati Bika si Mariana yang nikmat dimakan saat masih panas di malam yang dingin di Kota Bukittinggi. Kenikmatan yang hanya dapat dirasakan setelah anda mencobanya.

Jkt.1.Des.09.fn.felicityjournalism

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HOME INDUSTRI KULIT LUMPIA