Caro Mambuek Teh Talua ( cara membuat teh telur)


Dunsanak nan dikampuang halaman indak ado nan indak tau jo teh talua. minuman khas urang awak kini sadang digemari di rantau, sayang pelanggannya kebanyakan urang awak juo. Untuak itulah sabagai urang awak nan tingga diperantauan ambo mancubo untuk memperkenalkan ba a caro mambuek teh talua nan pas disalero urang rantau, urang sumando dan urang selain urang awak.
Untuk anda yang biasa mampir dan makan siang direstoran minang sering terlihat dalam menu Teh Telur. Menu yang agak asing bagi orang yang bukan orang minang. Teh telur (telur ayam kampung) dipercaya dapat menambah stamina dan tubuh baik laki-laki maupun perempuan, di tanah minang hampir disemua restoran  anda dapat memesan teh telur, dan diluar tanah minang tidak banyak restoran minang yang menyediakan minuman teh telur ini. banyak alasan mengapa hal itu terjadi, beberapa alasannya misalnya peminatnya kurang, atau jarang yang memesan sehingga mereka (restoran) tidak menyediakan bahan untuk membuatnya, yang kedua mungkin yang bekerja direstoran tidak bisa membuatnya, alasan berikutnya mungkin pelanggan melihat harganya yang hampir sama dengan segelas jus buah tapi mereka belum mengetahui cita rasanya.
Bagi yang ingin mencoba membuat teh talua (teh telur) dirumah anda dapat mencoba resep berikut.   
1. Siapkanlah secangkir air seduhan teh yang masih tawar;
2. Siapkan gelas yang berbeda, kemudian aduklah gula pasir secukupnya dengan kuning telur ayam kampung. Ingat hanya, kuning telur saja, jangan masukkan bagian putih telurnya. Cara mengeluarkan putih telur anda dapat memecahkan telur pada bagian ujung telur dengan lubang yang kecil, kemudian keluarkan putihnya dan bila ada yang tertinggal sedikit abaikan.
3. Aduklah gula dan kuning telur itu hingga merata dan berwarna putih. Ingat ya, jika adonan masih berwarna kuning, itu artinya adukan belum sempurna dan juga bisa menimbulkan bau amis nantinya. Aduklah hingga berwarna putih dan sedikit berbusa;
4.  Setelah adukan menyatu dan berwarna putih, masukkanlah air seduhan teh yang telah kita siapkan di awal, dan campurkanlah susu kental manis secukupnya;
5. Selesai? belum, untuk pewangi tambahkan sedikit perasan air jeruk nipis dan juga dapat mereduksi bau amis yang masih tertinggal.
Pengalaman saya saat pulang kekampung halaman dengan kendaraan pribadi, setidaknya setiap pagi saat sarapan saya meminum teh telur ini untuk menjaga stamina tubuh agar tetap bugar dan sering juga pada daerah tertentu (Padang Panjang) meski bukan pagi saya akan memesan teh telur karena didaerah tersebut terkenal dengan teh telur nya.  
Selamat mencoba

 Note:Biasanya bau amis datang dari putih telur yang ikut tercampur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HOME INDUSTRI KULIT LUMPIA